Hipotesis Penelitian



Hipotesis merupakan jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori, dan belum menggunakan fakta.
Dalam penelitian yang mengunakan analisis statistik inferensial, terdapat dua hipotesis yang perlu diuji, yaitu hipotesis penelitian dan hipotesis statistik.
Menguji hipotesis penelitian berarti menguji jawaban yang sementara (tentatif) itu apakah betul – betul terjadi pada sampel yang diteliti atau tidak. Kalau terjadi berarti terjadi berarti hipotesis penelitian terbukti dan kalau tidak berarti tidak terbukti.
Sedangkan hipotesis statistik berarti menguji apakah hipotesis penelitian yang telah terbukti atau tidak terbukti berdasarkan data sampel itu dapat diberlakukan pada populasi atau tidak.
            Menurut tingkat penjelasan (level of explanation) variabel yang diteliti, maka terdapat tiga bentuk hipotesis yang dirumuskan dan diuji, yaitu:
1.      Hipotesis Deskriptif
Hipotesis deskriptif adalah dugaan terhadap suatu nilai satu variabel dalam satu sampel walaupun didalamnya bisa terdapat beberapa kategori.
2.      Hipotesis Komparatif
Hipotesis komparatif merupakan dugaan terhadap perbandingan nilai dua sampel atau lebih.

3.      Hipotesis Asosiatif
Hipotesis asosiatif  merupakan dugaan terhadap hubungan antara dua variabel atau lebih.

Tidak ada komentar on "Hipotesis Penelitian"

Leave a Reply